RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan
Pendidikan : SD Negeri 1 Pejangka
Kelas
/ Semester : I/2
Tema
/ Subtema : 8. Peristiwa Alam / 1. Cuaca
Pembelajaran
Ke- : 4
Alokasi
Waktu : 5 x 35 Menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamanti [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpai di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar Dan Indikator
SBDP
v Kompetensi Dasar
3.3 Mengenal
unsure-unsur gerak, bagian-bagian gerak anggota tubuh dan level gerak dalam
menari
4.11Menirukan
gerak alam di lingkungan sekitar dengan menggunakan level tinggi, sedang dan
rendah
v Indikator
3.3.1
Membedakan gerak angin
4.11.1 Memperaktikkan
gerakan menirukan gerakan pohon tertiup angin
MATEMATIKA
v Kompetensi dasar
3.3 Mengenal
dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar / benda
konkrit
4.4 Mendeskripsikan,
mengembangkan dan membuat pola yang berulang
v Indikator
4.4.1
Melengkapi baris bilangan yang merupakan
pola bilangan sederhana
3.3.1
Membuat pola bilangan menggunakan gambar
benda konkrit
BAHASA INDONESIA
v Kompetensi dasar
3.1 Mengenal
teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda,
serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman
4.1 Mengamati
dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan
sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
v Indikator
3.1.1
mengidentifikasi peristiwa alam sesuai
teks deskriptif
4.1.1
membaca teks deskriptif sesuai contoh
yang diberikan
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan
membaca teks deskriptif, siswa mengidentifikasi pergerakan angin dengan baik
2. Dengan
membaca teks deskriptif, siswa dapat melanjutkan pola bilangan dengan tepat
3. Dengan
mengamati pola bilangan, siswa dapat membuat pola bilangan dari urutan terkecil
(80-91) dengan tepat
4. Dengan
mengamati pola bilangan, siswa dapat membuat pola bilangan dari urutan terbesar
(80-91) dengan tepat
5. Dengan
mengamati gerakan guru, siswa dapat mempraktikkan gerakan angin bertiup sepoi
dengan baik
6. Dengan
mengamati gerakan guru, siswa dapat mempraktikkan gerakan angin bertiup sedang
dengan baik
7. Dengan
mengamati gerakan guru, siswa dapat mempraktikkan gerakan angin bertiup kencang
dengan baik
D.
Materi
Pembelajaran
1. Mengenal
kegiatan pada cuaca berawan
2. Menirukan
gerakan alam yaitu gerak angin
3. Mengenal
pola bilangan 80-91
4. Membaca
teks deskriptif
E.
Metode
Dan Pendekatan Pembelajaran
v Metode : ceramah, diskusi,
penugasan, kelompok, bermain peran
v Pendekatan
Saintifik : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar / mengasosiasi,
mengkomunikasikan
F.
Media,
Alat, Dan Sumber Pembelajaran
1. Layang-layang
2. Kincir
angin
3. Buku
siswa
4. Musik
instrument
G.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Uraian kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru menanyakan kesiapan anak, kesiapan mental dan fisik anak dan berdoa
-
Guru melakukan persepsi sebagai awal komikasi guru sebelum melaksanakan
pembelajaran
-
Membangkitkan motivasi
-
Guru mengenalkan tema baru yang akan dilaksanakan
|
20 menit
|
Kegiatan inti
|
-
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai angin dan mengamati gambar
layang-layang dan kincir angin
-
Siswa dibagi menjadi 4 kelompok dan setiap kelompok bermain layang-layang
dan kincir angin
-
Siswa berdiskusi untuk menjawab mengapa layang-layang dapat terbang dan
kincir angin dapat berputar serta menuliskan hasil diskusi di buku siswa
-
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai manfaat angin, dan mengamati
benda-benda yang tertiup angin
-
Siswa membuat pola bilangan dan mengurutkan dari yang terkecil hingga
yang terbesar dan sebaliknya yang terdapat pada benda-benda tersebut
-
Siswa diajak bermain diluar kelas untuk menirukan gerakan pohon yang
tertiup angin dengan aba-aba dari guru serta diiringi dengan musik
-
Siswa diberi kesempatan untuk menciptakan gerakan mengikuti gerakan angin
|
140 menit
|
Penutup
|
-
Guru membuat kesimpulan
-
Guru memberikan penguatan penjelasan
-
Guru memberikan tugas rumah
-
Guru menginformasikan tentang tema yang akan dipelajari selanjutnya
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Penilaian
sikap
No
|
Nama
|
Peduli Lingkungan
|
Disiplin
|
Bekerja Sama
|
Ket
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
|
||
1
|
Dayu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Lani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Siti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Guru memberikan tanda (√ ) pada setiap kriteria sesuai
dengan nilai karakter yang muncul dari siswa
Keterangan :
BT : Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2.
Penilaian pengetahuan
Tes
tertulis latihan dibuku siswa
3.
Penilaian
keterampilan
Observasi
permainan menirukan gerakan angin
Lembar
pengamatan permainan menirukan gerakan angin
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum terlihat (√)
|
1
|
Kemampuan
melakukan gerakan angin sepoi
|
|
|
2
|
Kemampuan
melakukan gerakan angin sedang
|
|
|
3
|
Kemampuan
melakukan gerakan angin kencang
|
|
|
4
|
Semangat
menirukan gerakan angin
|
|
|
5
|
Variasi
gerakan
|
|
|
Mengetahui Mantang, 15 Oktober 2014
Kepala Sekolah
__________ Guru
Mata Pelajaran
Suhaili, M.Pd ________________________
LAMPIRAN
PENILAIAN
1.
Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Peduli Lingkungan
|
Disiplin
|
Bekerja Sama
|
Ket
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penilaian
Keterampilan
Observasi
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
kriteria 4
|
kriteria 5
|
|||||
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Komentar